Sejarah KPI IAIN AR-RANIRY

on April 06, 2009

Fakultas Dakwah merupakan fakultas keempat di lingkungan IAIN Ar-Raniry. Lahirnya fakultas ini, tidak terlepas dengan latar belakang berdirinya Darussalam dan kebutuhan akan juru dakwah guna membangun masyarakat muslim. Pioner Fakultas Dakwah adalah Prof. A. Hasjmy, yang sekaligus Dekan pertama berikut Pembina guna melanjutkan suatu Fakultas yang belum ada modelnya di Indonesia waktu itu. Pada tanggal 5 Oktober 1968, Fakultas Dakwah dan Publistik, karena kegiatan dan mata kuliah yang di ajarkan di fakultas ini adalah erat kaitannya dengan Publistik dan Jurnalistik.

Fakultas Dakwah banyak digemari oleh para mahasiswa, karena materi yang di ajarkan berhubungan dengan komunikasi dan jurnalistik. Oleh karena itu, banyak alumni dari Fakultas Dakwah juga bekerja di Penerangan atau RRI dan bagian Pers (wartawan). Tujuan berdirinya Fakultas Dakwah tidak terlepas untuk mengisi kekosongan dan kekurang mampuan umat Islam mengisi media massa.
Untuk membedah diri dan menguji kelayakan publik Fakultas Dakwah membagi empat jurusan, salah satu diantaranya adalah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang sangat eksis mengembangkan dakwah lewat media massa, baik melalui Koran, Majalah, maupun Newsletter atau yang disebut dengan dakwah Bil Qalam, maka untuk itu, pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ-KPI) mengupayakan sedini mungkin untuk berperan aktif mencerdaskan kehidupan berbangsa dan kepekaan sosial agar masyarakat umum dapat menerima informasi yang akurat terutama dalam berdakwah lewat media massa.


0 komentar:

Posting Komentar